Langsung ke konten utama

Pemanfaatan AI untuk Pembuatan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran.

 

Pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk menyediakan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan peserta didik. Pendekatan ini tidak lagi menganggap siswa sebagai kelompok homogen, melainkan menghargai setiap individu dengan karakteristik yang berbeda-beda. Dalam konteks ini, bahan ajar dan media pembelajaran memainkan peran krusial dalam memastikan bahwa setiap siswa dapat mengakses dan memahami materi dengan cara yang paling sesuai untuk mereka.

Dalam pembelajaran berdiferensiasi, bahan ajar dan media pembelajaran perlu memiliki fleksibilitas yang tinggi. Sebagai contoh, untuk siswa yang visual learner, bahan ajar dan media pembelajaran berbasis grafik atau diagram mungkin lebih efektif dibandingkan teks naratif panjang. Sedangkan untuk siswa yang auditori, penggunaan bahan ajar berupa podcast atau rekaman audio dapat meningkatkan pemahaman mereka. Di sisi lain, untuk siswa kinestetik, bahan ajar yang memungkinkan mereka untuk langsung mempraktikkan konsep-konsep melalui eksperimen atau simulasi akan lebih efektif.

Untuk membuat bahan ajar dan media pembelajaran yang mampu menyesuaikan dengan kebutuhan siswa yang beragam serta menciptakan lingkungan belajar yang interaktif tidaklah mudah. Tidak semua guru memiliki kemampuan untuk membuat bahan ajar dan media pembelajaran, apalagi bahan ajar dan media pembelajaran yang bisa memenuhi kebutuhan pembelajaran berdiferensiasi, baik diferensiasi konten maupun diferensiasi proses. Namun saat ini dengan kemajuan teknologi, khususnya teknologi berbasis AI, kesulitan guru dalam mempersiapkan bahan ajar dan media pembelajaran bisa teratasi.

AI dapat membantu guru dalam pembuatan bahan ajar seperti LKPD, modul pembelajaran, buku ajar, serta media pembelajaran seperti media interaktif, presentasi, dan video. AI sangat membantu guru dalam menyediakan konten yang relevan, adaptif, dan personal bagi siswa. AI tidak hanya mempercepat proses pembuatan, tetapi juga memungkinkan personalisasi yang lebih baik dan pembelajaran yang lebih interaktif.

Berikut ini adalah beberapa pemanfaatan AI dalam pembuatan bahan ajar, seperti LKPD, modul pembelajaran, buku ajar, dan media pembelajaran interaktif.

  1.  Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan AI

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan bahan ajar yang memandu siswa dalam proses belajar dengan langkah-langkah sistematis. AI bisa membantu guru untuk mempermudah pembuatan LKPD. Beberapa platform AI dapat membantu guru dalam pengembangan LKPD Berbasis Data. AI dapat menganalisis data hasil belajar siswa sebelumnya dan menghasilkan LKPD yang sesuai dengan kebutuhan individu. Misalnya, AI dapat menyesuaikan tingkat kesulitan soal atau tugas berdasarkan kemampuan masing-masing siswa. Platform AI lain dapat menghasilkan rekomendasi aktivitas atau soal yang relevan secara otomatis, misalnya dengan memanfaatkan teknologi natural language processing (NLP) untuk membuat soal-soal berbasis teks atau pertanyaan yang terkait langsung dengan topik pelajaran. Namun platform-platform AI seperti itu umumnya berbayar.

        Beberapa platform AI gratis yang dapat digunakan guru untuk membuat LKPD diantaranya:     diffit for teacher (https://app.diffit.me). Diffit membantu guru membuat LKPD secara otomatis     dengan mengetikan topik atau tema, memasukan link artikel atau youtube, memasukan file            word atau pdf. Tampilan diffit seperti gambar berikut:

            

                                           Gambar 1.

    LKPD yang dihasilkan berupa paparan materi, summary, soal PG, soal isian singkat dan soal essay. Guru tinggal melakukan editing sesuai dengan kebutuhan dan dieksport kedalam format google form atau doc atau diprint.

Chatgpt atau gemini juga dapat digunakan untuk membuat LKPD otomatis.

Contoh prompt untuk membuat LKPD pada chatgpt atau gemini.

1.       Buatkan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Modul Ajar Kurikulum Merdeka: ………………………….. dengan pendekatan konstruktivisme berbentuk pertanyaan yang memandu siswa dalam memahami konsep

2.       Anda seorang guru Matematika berpengalaman yang mengajar fase F+ kelas XI SMA. Anda akan mengajar dengan tujuan pembelajaran: Siswa mampu Melakukan operasi aljabar pada matriks. LKPD yang akan anda buat dalam format tabel dengan pendekatan konstruktivisma dengan urutan kolom-kolom yang berisi: (1) Penjelasan konsep, (2) Contoh soal, (3) Pertanyaan pemandu, dan (4) Ruang jawaban.

2. Pembuatan Modul Pembelajaran dan Buku Ajar dengan AI

Modul pembelajaran adalah bahan ajar yang lebih terstruktur dan mendalam, mencakup keseluruhan materi pelajaran. AI dapat mempermudah guru dalam menyusun modul pembelajaran dengan fitur-fitur seperti:

·         Otomatisasi Penyusunan Konten: AI dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang relevan, termasuk jurnal ilmiah, buku, dan artikel pendidikan, untuk menghasilkan modul pembelajaran yang komprehensif. Teknologi AI seperti content curation dapat memilih konten yang tepat dan relevan berdasarkan standar kurikulum dan kebutuhan siswa.

·         Personalisasi Modul: Dengan menganalisis gaya belajar dan tingkat pemahaman siswa, AI dapat menghasilkan modul yang dipersonalisasi. Misalnya, siswa yang visual learner dapat mendapatkan modul dengan lebih banyak diagram dan gambar, sedangkan siswa yang auditory learner bisa mendapatkan versi modul dalam bentuk podcast atau rekaman suara.

·         Revisi Otomatis: AI dapat membantu guru dalam merevisi modul secara otomatis dengan memperbarui konten sesuai dengan perkembangan terbaru di bidang ilmu pengetahuan atau perubahan standar kurikulum.

Dalam pembelajaran Deferiansi Konten dibutuhkan bahan ajar yang beragam sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Platform AI yang dapat membantu guru untuk menyusun bahan ajar modul diantaranya diffit, chatgpt, gemini, brarntex, magicschool, copilot dll.

Contoh prompt untuk membuat modul pembelajaran:

1.      Tolong buatkan bahan ajar berbentuk modul pembelajaran untuk Tujuan Pembelajaran: Memodelkan Suku Bunga Majemuk dan Anuitas. Struktur modul sebagai berikut: 1, Tujuan Pembelajaran., 2. Kegiatan Pembelajaran 1 berisi uraian materi pembelajaran untuk tujuan pembelajaran 1., 3. Latihan 1 berisi 10 soal PG dengan 5 pilihan jawaban dilengkapi dengan kunci jawaban.  Banyaknya kegiatan pembelajaran dan latihan sesuai dengan banyaknya tujuan pembelajaran. Diakhir modul setelah kegiatan pembelajaran terakhir dilengkapi asesmen sumatif teridiri dari 20 soal PG dengan 5 pilihan jawaban meliputi materi dan 5 soal uraian. Dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan. Bagian akhir berisi refleksi dan glosarium. Adapun tujuan pembelajarnnya adalah:

·         Menjelaskan konsep dasar bunga majemuk dan anuitas.

·         Mengidentifikasi rumus dan elemen penting dalam perhitungan bunga majemuk dan anuitas.

·         Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan konsep bunga majemuk dan anuitas.

·         Menganalisis pengaruh bunga dan periode terhadap nilai investasi dan pembayaran.  

Kita bisa membuat modul dengan mencotoh modul yang sudah ada. Caranya sisipkan file berisi modul yang modelnya akan kita ambil untuk modul yang akan kita buat, kemudian ketikkan prompt berikut:

2.       Contoh file model disisipkan.


Untuk hasil yang lebih baik penyusunan modul sebaiknya dilakukan perbagian, mulai dari menentukan pembelajaran, uraian materi, ujikompetensi. Masing-maisng bagian dibuat prompt tersendiri.

Contoh: Akan dibuat modul pembelajaran Bahasa Indonesia untuk tujuan pembelajaran:

Peserta didik dapat menghasilkan teks yang mencerminkan nilai-nilai budaya Indonesia.

Langkah 1 masukan prompt berikut:

“Tolong buatkan rekomendasi urutan materi untuk pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F dengan tujuan pembelajaran: Peserta didik dapat menghasilkan teks yang mencerminkan nilai-nilai budaya Indonesia.”

 

Jika urutan materi sudah cocok masukan prompt berikut:

“Sebagai seorang guru berpengalaman yang mengajar Bahasa Indonesia SMA dan penulis kreatif, anda akan mebuat bahan ajar untuk tujuan pembelajaran: Peserta didik dapat menghasilkan teks yang mencerminkan nilai-nilai budaya Indonesia, berbentuk modul dengan sistimatika:Petunjuk Penggunaan Modul, Kegiatan Pembelajaran berupa uraian materi dan latihan soal pilihan ganda 5 pilihan jawaban. Modul dibuatkan untuk 4 kegiatan pembelajaran dengan rincian materi: Pengantar Nilai-Nilai Budaya Indonesia Membahas keragaman budaya Indonesia: adat istiadat, bahasa daerah, seni, dan tradisi. Mengenalkan konsep nilai-nilai budaya seperti gotong royong, kesantunan, toleransi, dan nasionalisme. Mengenal Ragam Teks yang Mengandung Nilai Budaya Pengenalan jenis-jenis teks yang relevan, seperti teks naratif, deskriptif, dan eksposisi. Contoh teks budaya, misalnya cerita rakyat, legenda, atau puisi yang mencerminkan budaya Indonesia. Analisis Teks Budaya Menganalisis teks-teks yang mengandung nilai budaya, seperti cerita rakyat, puisi daerah, dan prosa klasik. Diskusi mengenai pesan moral dan nilai budaya yang terkandung dalam teks tersebut. Menemukan Ide dan Gagasan untuk Teks Budaya Sesi brainstorming ide untuk menulis teks yang mengandung nilai-nilai budaya Indonesia. Teknik mengekspresikan nilai budaya melalui tokoh, latar, dan alur cerita. Menulis Teks Deskriptif yang Menggambarkan Budaya Indonesia Latihan menulis teks deskriptif yang berfokus pada budaya lokal, seperti festival daerah, pakaian adat, dan seni tradisional. Penekanan pada penggunaan diksi yang tepat untuk menggambarkan aspek budaya dengan rinci. Menulis Teks Naratif dengan Nilai Budaya Membuat cerita pendek yang menyampaikan nilai-nilai budaya seperti kebersamaan, tanggung jawab sosial, atau sikap toleransi. Panduan untuk menyusun alur cerita yang mencerminkan budaya Indonesia. Mengembangkan Teks Argumentatif tentang Pelestarian Budaya Menulis teks argumentatif mengenai pentingnya melestarikan budaya lokal. Mendorong peserta didik untuk menyampaikan pandangan mereka tentang isu budaya, dengan dukungan argumen yang logis dan berbasis data. Mengedit dan Merevisi Teks Budaya Langkah-langkah pengeditan untuk meningkatkan akurasi konten dan kekuatan pesan budaya. Revisi untuk memastikan teks mencerminkan nilai budaya secara tepat dan menarik. Modul dilengkapi dengan asesmen sumatif berupa 20 soal PG dengan 5 pilihan jawaban.Tolong buatkan modul tersebut dengan Bahasa yang komunikatif dan mudah dimengerti oleh siswa”

Modul yang dihasilkan oleh chatgpt strukturnya lengkap namun biasanya untuk uraian materi terlalu singkat dan latihan soal hanya contoh sehingga perlu dibuat secara terpisah. Tuliskan prompt berikut untuk melengkapi uarain materi:

“Tolong buatkan uraian materi lengkap untuk kegiatan pembelajaran 1 minimal 8 paraghraf dilengkapi dengan latihan soal dengan tingkat kesulitan bervariasi lengkap dengan pembahasannya”

Kalau sudah cocok ulangi untuk melengkapi uraian materi kegiatan pembelajaran 2 dan latihan soal 2. Promptnya sama hanya tinggal mengganti kegiatan pembelajaran 1 menjadi kegiatan pembelajaran 2. Lanjutkan untuk kegiatan pembelajaran 3 dan 4.

Untuk membuat soal asesmen sumatif tuliskan prompt berikut:

“Tolong buatkan soal untuk asesmen sumatif yang meliputi materi kegiatan pembelajaran 1 sampai 4 berbentuk Pilihan Ganda 5 pilihan jawaban sebanyak 20 soal dan 5 soal uraian dengan tingkat kesulitan bervariasi, dilengkapi kunci jawaban dan pembahasan serta rubric dalam bentuk tabel”

Kalau hasil belum sesuai yang diinginkan bisa meminta chatgpt untuk memperbaiki atau melanjutkan yang masih kurang. Contoh kita meminta soal yang dibuat sebanyak 20 soal PG dan 5 uraian sementara hasih chatgpt hanya 5 soal PG dan 2 uraian, ketikan prompt: “Tolong lanjutkan untuk melengkapi soal PG nomor 6 s.d 20 dan uraian soal nomor 3 s.d 5”.

Untuk bahan ajar berbentuk buku bisa menggunakan platform AI pembuat buku seperti : https://ai.automateed.com atau https://braintext.ai. Hanya platform-platform itu umumnya berbayar. Platform lain yang bisa digunakan adalah chatgpt dan gemini. Langkah-langkah yang digunakan sama seperti membuat modul dan hasil sangat tergantung prompt yang dibuat.

Langkah 1: Menentukan tujuan pembelajaran dari CP.

Contoh Prompt:

Tolong buatkan tujuan pembelajaran mata pelajaran Pancasila Fase E sesuai Kurikulum Merdeka dengan struktur : Kompetensi + materi dari CP berikut: ………………………

Langkah 2: Buat struktur/kerangka buku.

Contoh Prompt:

“Anda seorang guru berpengalaman dan penulis kreatif akan menulis buku dari CP diatas. Kerangka buku yang akan ada buat seperti apa?”

Langkah 3: Buat bagian isi.

Contoh Prompt:

·         Tolong buatkan isi bagian pendahuluan secara lengkap dan bahasa yang komunikatif. Setiap sub minimal 6 paraghraf.

·         Tolong buatkan isi bab1 dengan uraian lengkap, bahasa komunikatif dan dilengkapi dengan sumber ilmiah. Setiap sub bab minimal 10 paraghraf.

·         Dst.



3. Pembuatan Presentasi Pembelajaran dengan AI

Presentasi pembelajaran adalah media yang sangat umum digunakan oleh guru untuk menjelaskan materi. Dengan bantuan AI, presentasi bisa menjadi lebih dinamis dan terarah:

Penyusunan Slide Otomatis: AI dapat membantu membuat presentasi dengan menghasilkan slide yang terstruktur, berdasarkan data dan materi yang relevan. Teknologi seperti automatic slide generation dapat menyusun poin-poin kunci dari materi yang diinput oleh guru ke dalam bentuk slide.

Visualisasi Data: AI dapat secara otomatis membuat grafik dan diagram berdasarkan data yang dimasukkan. Ini sangat membantu dalam mata pelajaran yang membutuhkan presentasi visual, seperti matematika atau ekonomi.

Pemberian Umpan Balik Langsung: Beberapa platform pembelajaran berbasis AI bahkan memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan presentasi melalui perangkat mereka, misalnya dengan menjawab pertanyaan kuis yang secara otomatis dianalisis oleh AI, sehingga guru bisa mendapatkan umpan balik langsung.

Beberapa platform AI yang dapat membantu untuk membuat presentasi power point diantaranya: gamma (https://gamma.app), Wepik (https://wepik.com/ai-presentations), Magic text (canva.com), chatgpt, dll.

Contoh pembuatan presentasi menggunakan gamma :

1.       Ketik pada mesin pencarian google: gamma ai.

                    Klik https://gamma.app, klik verify you are human
                Klik sign for free atau try for free. Gunakan akun google.
                

            Cek list kotak I’like… klik personal. Klik create workspace.
            Klik salah satu, lengkapi pertanyaan yang muncul. klik get started.
            

        Pilih cara input prompt. Ada 3 piliah, yaitu mengcopy outline presentasi yang akan dibuat atau mengetikan prompt berupa topik presentasi atau memasukan file atau link artikel yang akan diubah menjadi presentasi.


        Contoh menggunakan cara dengan masukan prompt berupa topik:
        
    Pilih presention untuk model. Pilih Bahasa Indonesia, pilih cards untuk banyak slide. Masukan topik, klik generate outline. Akan muncul outline dari presentasi. Klik continue.

Pilih thema yang ditawarkan.


Klik generate.

            

            Klik titik 3 di kanan atas, pilih export – powerpoint.

Cara membuat presentasi dengan chatgpt.

1.       Langsung menuliskan prompt tentang topik yang akan dibuat presentasinya.

Contoh Prompt:

Anda seorang guru mata pelajaran Pancasila berpengalaman dan ahli membuat media pembelajaran. Anda akan membuat media pembelajaran presentasi power point sebanyak 25 slide dengan tujuan pembelajaran: menganalisis cara pandang para pendiri negara tentang rumusan Pancasila sebagai dasar Negara. Uraian materi setiap slide lengkap dan jelas.

        Jika sudah cocok masukan prompt : tolong eksport ke dalam format powerpoint.

Jika materi pada setiap slide dianggap kurang, masukan prompt: Tolong materi setiap slide dibuat lebih jelas.

        Atau : Lanjutkan sampai slide… atau tambahkan menjadi…slide.

2.       Membuat presentasi dari bahan yang sudah dibuat. Format file yang disisipka bisa word, pdf, jpg.

Sisipkan file yang sudah dibuat, masukan prompt: Tolong dibuat dalam format presentasi power point sebanyak 20 slide. Materi setiap slide dibuat lengkap dan jelas.


           4. Pembuatan Video Pembelajaran dengan AI

Video pembelajaran adalah salah satu media yang sangat populer, dan AI mempermudah proses pembuatan video yang efektif:

·         Skrip Otomatis untuk Video: AI dapat menghasilkan skrip video pembelajaran berdasarkan topik yang diberikan. Misalnya, AI dapat menyusun narasi yang jelas dan informatif untuk topik tertentu, sehingga proses pembuatan video menjadi lebih cepat.

·         Editing Video Otomatis: AI juga dapat digunakan untuk mengedit video pembelajaran secara otomatis, seperti menambahkan teks, gambar, atau bahkan animasi yang sesuai dengan materi yang disampaikan.

·         Video Interaktif: Dengan AI, video pembelajaran dapat dibuat lebih interaktif, misalnya dengan menambahkan kuis atau pertanyaan reflektif di tengah-tengah video, yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar.

Banya platform AI khusus untuk membuat video dengan mudah. Kita bisa membuat video dengan mengetikan prompt berupa teks atau image. Beberapa platform AI yang bisa digunakan untuk membuat video :

1.       chatgpt dan gemini dapat membantu membuat script video secara otomatis.

2.       Kling AI   - Fungsi: Platform ini menyediakan fitur pembuatan video AI, termasuk penambahan narasi suara AI dan otomatisasi konten. Cocok untuk video sosial media, promosi, dan presentasi.

Alamat: [https://kling.ai/](https://kling.ai/)

3.       Leonardo AI

Fungsi: Sebuah platform canggih untuk menghasilkan gambar AI dengan kemampuan kreatif tingkat tinggi, seperti detail yang realistis atau gaya seni tertentu. Leonardo juga mendukung pembuatan konsep visual dengan berbagai gaya.

Alamat: [https://leonardo.ai/](https://leonardo.ai/)

4.       Viddu

Fungsi: Viddu memungkinkan pembuatan video otomatis untuk iklan dan media sosial. Platform ini menyediakan template yang mudah digunakan serta integrasi AI untuk transisi otomatis dan narasi.

Alamat:  https://viddu.io

5.       CapCut

Fungs: CapCut adalah editor video populer yang menawarkan fitur pengeditan berbasis AI seperti teks otomatis, transisi video, dan penyesuaian warna. CapCut tersedia sebagai aplikasi mobile dan web.

Alamat: (https://www.capcut.com/)

6.       Runway ML

Fungsi: Runway adalah platform AI untuk membuat video dan gambar dengan efek yang kompleks, seperti rotoscoping otomatis, modifikasi warna, serta transformasi objek menggunakan AI.

Alamat: (https://runwayml.com/)

7.       Synthesia

Fungsi: Synthesia memungkinkan Anda membuat video dengan avatar AI yang bisa berbicara dalam berbagai bahasa. Cocok untuk presentasi, tutorial, dan konten pelatihan.

Alamat: (https://www.synthesia.io/)

8.       Deep Dream Generator

Fungsi: Menghasilkan gambar dengan gaya artistik unik berdasarkan AI, cocok untuk efek visual yang lebih abstrak dan unik.

9.       Alamat: (https://deepdreamgenerator.com/)

10.   Haiper.ai

11.   Canva.com

12.   Hidra.com

13.   Noise.ai

Platform AI lain yang dapat digunakan untuk pembelajaran menggunakan lagu, yaitu:

1.       https://songgenerator.io/

2.       https://suno.com

3.       https://tad.ai/

 

5. Pembuatan Media Pembelajaran  interaktif dengan AI

Media pembelajaran interaktif merupakan alat yang sangat efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa. AI dapat digunakan dalam beberapa aspek untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif:

Simulasi Interaktif: AI dapat menciptakan simulasi interaktif yang memungkinkan siswa untuk bereksperimen dan mempelajari konsep secara langsung. Misalnya, dalam pelajaran sains, AI bisa digunakan untuk membuat simulasi laboratorium virtual, di mana siswa dapat melakukan eksperimen tanpa memerlukan peralatan fisik.

·         Game Edukatif: AI dapat digunakan untuk membuat permainan edukatif yang bersifat adaptif, di mana tingkat kesulitan atau tantangan dalam permainan tersebut akan berubah sesuai dengan perkembangan siswa. Hal ini tidak hanya membuat proses belajar lebih menyenangkan, tetapi juga menyesuaikan dengan kemampuan siswa.

·         Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR): AI dapat memperkaya pengalaman belajar melalui AR dan VR. Misalnya, dalam pelajaran sejarah, AI dapat menciptakan lingkungan sejarah yang memungkinkan siswa untuk menjelajahi peristiwa bersejarah secara visual dan interaktif, memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam.

Platform AI yang bisa mambantu media pembelajaran interaktif diantaranya:

·         Canva

·         Quizziz

·         Edpuzzle

·         Lumio (https://www.smarttech.com)

·         lumi

·         H5P (https://h5p.org/)

 

            Lanjut: Pemamfaatan AI untuk Pembelajaran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemanfaatan AI dalam Perencanaan Pembelajaran.

  Salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh guru adalah beban tugas administratif yang dapat menyita waktu dan energi, termasuk administrasi pembelajaran seperti modul ajar atau RPP. Mempersiapkan administrasi guru merupakan kegiatan perencanaan pembelajaran. Dengan bantuan AI, tugas-tugas seperti administrasi pembelajaran (TP, ATP, Modul Ajar/RPP), manajemen kelas, penilaian siswa, dan pengelolaan data dapat dilakukan secara otomatis dan efisien. Hal ini memungkinkan pendidik untuk lebih fokus pada pengajaran dan interaksi dengan siswa.   Selain itu, pada paradigma baru pembelajaran, pembelajaran berpusat pada peserta didik sehingga guru harus memperhatikan kebutuhan peserta didik seperti kesiapan belajar, profil belajar dan minat belajar. Dalam membuat perencanaan pembelajaran, guru membutuhkan data-data tentang kebutuhan peserta didik seperti tingkat penguasaan peserta didik terhadap pengetahuan awal materi yang akan dipelajari, preferensi belajar peserta didik dan ...

Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka

    A.       Pendahuluan Perkembangan pesat teknologi AI telah mengubah cara kita hidup dan bekerja. Dari sektor kesehatan hingga industri, AI telah menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Dunia pendidikan pun tak ketinggalan. Dengan kemampuannya dalam memproses data dan belajar dari pengalaman, AI menawarkan peluang untuk merevolusi cara kita belajar dan mengajar. Pembelajaran yang dipersonalisasi, penilaian yang lebih efektif, dan pengalaman belajar yang lebih interaktif adalah beberapa contoh manfaat yang dapat kita peroleh dari penerapan AI dalam pendidikan. Pemanfaatan AI dalam pendidikan diantaranya   membantu guru dalam menyelesaikan masalah kewajiban administratif, mempersiapkan bahan ajar dan media pembelajaran, merancang pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, pembelajaran dan penilaian adaptif. Sudah menjadi masalah umum di kalangan guru bahwa   salah satu kendala atau k...

Wahai orangtua, guru, kepala sekolah, pejabat pendidikan berhati-hatilah!

  Setiap orangtua pasti mengharapkan anaknya mendapatkan pendidikan yang baik dan bersekolah di sekolah yang bagus. Mereka berusaha dengan berbagai cara, seperti mengikuti bimbingan belajar pada lembaga bimbingan belajar, memanggil guru privat, melengkapi sarana belajar dan meminta jam belajar tambahan di sekolah. Namun tidak sedikit orangtua mengambil jalan pintas, diterima di sekolah yang diinginkan melalui jalur illegal, masuk melalui jalur yang tidak ada dalam ketentuan yang sudah ditetapkan. Jalur yang dikenal sebagai bina lingkungan illegal. Disadari atau tidak oleh orangtua, oknum pejabat, guru dan kepala sekolah yang terlibat memasukkan calon siswa melalui jalur bina lingkungan ilegal pada hakikatnya mereka sedang melakukan investasi yang buruk pada masa depan anak, yang tidak mustahil malah menghancurkan anak itu sendiri kelak. Praktik bina lingkungan ilegal bertentangan dengan nilai-nilai kebenaran yang diajarkan oleh sekolah, yang menjadi tujuan pendidikan. Pada saat...